Protel Schematic : Rangkaian Pulsa (Hubungan Antar Sheet) #Sheet1 dan #Sheet2

Selasa, 02 Desember 2014

Komponen yang digunakan:
  • 1 IC NE556
  • 1 POT1
  • 1 RES1
  • 1 CAPACITOR
GAMBAR PULSA1.SCH

GAMBAR PULSA2.SCH


CARA MEBUAT RANGKAIAN PULSA



  1. Pertama, buka program schematic capture yang telah diinstal. Lalu pilih file, new

  2. Klik icon untuk mempermudah saat kita menggambar rangkaian.

  3. Carilah komponen yang akan digunakan, seperti IC NE556 (d_liner.lib), POT1 (device.lib), RES1 (device.lib), dan CAPACITOR (device.lib). Lalu susun komponen-komponen tersebut seperti digambar dibawah ini.

  4. Ganti setiap nama pada komponen, sseperti pada POT1 'U?' diganti menjadi 'POT1', pada RES1 'U?' diganti menjadi 'R49', pada CAPACITOR 'C?' diganti menjadi 'C3', dan pada IC NE556 'C?A' diganti menjadi 'U1A'.

  5. Lalu hubungkan rangkaian tersebut menggunakan icon  pada Wiring Tools.

  6. Pada kaki '5' IC NE556 tambahkan port dengan menggunakan icon   pada Wiring Tools. Lalu ganti Name menjadi 'PULSA!', Style menjadi 'Right', I/O Type menjadi 'Output', dan Alignment menjadi 'Left'.



  7. Setelah rangkaian selsai dibuat, buka kotak dialog Organization (klik 2x pada sisi luar lembar kerja) pilih Change. Isi bagian No diisi denah '1' dan Total diisi dengan '7'.



  8. Simpan rangkaian dengan nama 'PULSA1.SCH'.
  9. Setelah selesai membuat rangkaian PULSA1.SCH, maka kita buat rangkaian PULSA2.SCH. Sama seperti PULSA1.SCH namun pada rangkaian PULSA2.SCH bagian IC NE556 'C?A' diganti menjadi 'C1B' dan part pada IC NE556 diganti menjadi 2 maka secara otomatis kaki '14' di IC NE556 menghilang.

  10. Setelah rangkaian selsai dibuat, buka kotak dialog Organization (klik 2x pada sisi luar lembar kerja) pilih Change. Isi bagian No diisi denah '2' dan Total diisi dengan '7'.



Simpan pekerjaan dengan nama 'PULSA2.SCH'

LINK DOWNLOAD
Pada Sheet7 kita tidak perlu menggunakan komponen karena, pada sheet7 ini akan menghubungkan antar sheet. Pertama, buka program schematic capture yang telah diinstal. Lalu pilih file, new Lalu buka kotak dialog Organization (klik 2x pada sisi luar lembar kerja) pilih Change. Isi bagian No diisi denah '7' dan Total diisi dengan '7'. Lalu save dengan nama 'PROYEK.SCH'. Make Money at : http://bit.ly/copy_win

Make Money at : http://bit.ly/copy_win

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Saya

Saya seorang mahasiswa politeknik negeri sriwijaya

SpongeBob SquarePants